Belajar Membatik di Jakarta

Selama ini kita hanya tahu bahwa untuk belajar membatik kita harus ke daerah pelosok di jawa seperti pekalongan, solo, atau jogja. Kita tidak membayangkan kalau di Jakarta pun kita bisa belajar membatik dari tenaga professional pembatik. Sudahkah Anda tahu bahwa di Jakarta ada kampung batik dimana anak-anak atau dewasa dapat belajar membatik disana ? Kalau Anda belum tahu yuk mari kita bahas tentang kampung batik ini, siapa tahu Anda berminat untuk belajar membatik atau mengajari putra-putri anda tentang batik dan seluk-beluknya.

Belajar membatik

Belajar membatik

Orang-Amerika-Belajar-Membatik

Namanya adalah “Sanggar Setapak”, yang berada lokasi Kampung Batik Jakarta Selatan. Daerah tersebut merupakan salah satu daerah industri penghasil batik yang ada di jakarta. Selain digunakan untuk industri batik, daerah tersebut juga dimanfaatkan sebagai daerah wisata bagi Anda yang ingin belajar membatik tanpa harus pergi ke daerah pelosok penghasil batik seperti batik pekalongan, jogja, solo, dan sebagainya.

belajar membatik

belajar membatik

Di Sanggat Setapak tersebut Anda akan diajari cara membuat batik tulis dan mempraktikannya secara langsung cara membatiknya. Sebuah pengalaman dengan harga yang murah tapi tidak akan pernah Anda lupakan selamanya. Anda akan belajar menggunakan peralatan membatik, cara mewarnai batik, serta proses-proses membatik lain yang harus dilakukan secara urut supaya dapat menghasilkan batik dengan kualitas yang bagus.

Yuk mari kita belajar membatik di sanggat setapak sambil melestarikan budaya batik yang ada di Indonesia, selain itu juga supaya putra-putri kita mengenal batik dengan lebih baik.

Salam batik pekalongan
best regards,

2 Oktober, Hari Batik Nasional

Hari ini, tepatnya tanggal 2 oktober 2013 kita sebagai warga negara Indonesia akan memperingati Hari Batik Nasional. Pemerintah melalui Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam pun mengingatkan masyarakat di seluruh Tanah Air untuk mengenakan batik. Oleh karena itu dihimbau bagi seluruh pegawai BUMN maupun instansi-instansi perusahaan yang ada di Indonesia untuk mengenakan baju batik.

Peringatan hari batik Nasional di Indonesia saat ini memasuki tahun keempat. Penetapan Hari Batik Nasional sebagai usaha pemerintah untuk meningkatkan martabat bangsa Indonesia dan citra positif di forum internasional, serta untuk menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan Indonesia. Selain itu, peringatan hari batik nasional itu juga diharapkan dapat membuat masyarakat dunia melihat bahwa batik merupakan warisan budaya nasional yang berasal dari Indonesia.

Hari Batik Nasional

Hari Batik Nasional

Penetapan tanggal 2 oktober sebagai hari batik nasional karena pada saat itu, UNESCO (Badan PBB untuk kebudayaan) menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbedawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) . UNESCO juga menetapkan bahwa batik merupakan kebudayaan asli milik Indonesia.

Pengrajin Batik Tulis

Jumlah pengrajin batik tulis saat ini berkurang sangat drastis apabila dibandingkan dengan jaman dulu. Proses pengerjaan batik tulis yang sangat lama menjadi kendala utama mengapa para pengrajin batik tulis malas untuk membuatnya. Selain itu, harga jual batik tulis juga sangat mahal, jadi hanya orang-orang tertentu saja yang dapat membelinya.

Coba bayangkan saja, rata-rata pengrajin batik tulis hanya dapat membuat 1 lembar kain batik tulis dalam kurun waktu sekitar 3 bulan. Kain batik tersebut biasanya ditangan tengkulak hanya dihargai sekitar 700 ribu rupiah saja. Sedangkan tengkulak menjualnya kepada konsumen dengan harga yang sangat tinggi dan mencapai jutaan rupiah. Kalau dihitung secara kasar berarti pengrajin batik tersebut hanya mendapatkan penghasilan sekitar 230 ribu saja dalam sebulan. Jumlah yang sangat minim apabila kita bandingkan dengan kebutuhan hidup orang jaman sekarang.

batik tulis

batik tulis

Para pengrajin batik lebih memilih untuk menjadi buruh di pabrik karena penghasilannya disana lebih terjamin. Berkurangnya jumlah pengrajin batik tulis ini menimbulkan kekhawatiran mengenai keberlangsungan industri kerajinan batik tulis di Indonesia. Apabila para pengrajinnya sudah malas untuk membuat baju batik tulis tersebut dikhawatirkan industri batik tulis di Indonesia akan punah. Hal yang tentunya amat sangat tidak kita inginkan bukan?

Oleh karena itu, sebagai bentuk kepedulian terhadap keberlangsungan industri batik di Indonesia, alangkah baiknya kita lebih menghargai hasil karya batik tulis itu sendiri, dan saya benar-benar berharap supaya para tengkulak dapat memberikan harga beli yang bagus kepada para pengrajin batik.

Baju Batik di Acara Miss World 2013

Gelaran miss world 2013 baru saja digelar di Nusa Dua Bali. dan akhirnya pada tahun ini juaranya kembali berasal dari asia, yakni philipina. Hal tersebut tentunya menunjukkan dominasi benua asia setelah pada tahun 2012 yang menjadi juara miss world berasal dari china.

Busana yang dikenakan oleh finalis miss world 2013 tentunya sangat beragam dan menyesuaikan dengan kebudayaan dari masing-masing negaranya. Perwakilan Indonesia di ajang miss world 2013 yakni Vania Larissa, akan mengenakan busana hasil karya chossy Latu. Chossy Latu membuatkan sebuah gaun yang mengandung unsur batik, tenun, dan kain Indonesia lainnya.

baju batik 2013

baju batik 2013

Dalam busana tersebut batik tentunya menjadi unsur utama. Keindahan batik dan kekhasan batik dari Indonesia benar-benar ingin ditonjolkan dalam acara miss world 2013 yang di gelar di Nusa Dua Bali ini. Indonesia sangat ingin mempromosikan baju batik sehingga dapat dikenal secara luas sehingga mampu mendongkrak kegiatan produksi batik di Indonesia. Indonesia ingin mengenalkan bahwa model baju batik saat ini tidak hanya untuk desain yang kaku2 dan formal saja tapi juga untuk baju yang casual.

Ajang miss world 2013 yang digelar di Indonesia tersebut tentunya akan menjadi sorotan dari seluruh penjuru dunia. dan merupakan momen yang sangat tepat apabila Indonesia ingin lebih mengenalkan ragam budaya yang ada di seluruh pelosok Indonesia.

Best regards,
Batik-pekalongan

Tokoh dunia yang menggunakan Batik

Salam batik-pekalongan.

Batik, saat ini tidak hanya populer di Indonesia saja, tapi sudah cukup populer di seluruh dunia. Seringkali kita temukan beberapa tokoh dunia menggunakan baju batik dalam berbagai macam kesempatan. Mulai dari Nelson Mandela, Barrack obama, dan artis-artis dunia lain, banyak yang pernah menggunakan baju batik.  Hal tersebut tentunya sangat membanggkan bukan? dan berpotensial jadi sumber marketing buat meningkatkan penjualan model baju batik di Indonesia juga.

Oke, langsung saja kita melihat beberapa tokoh dunia yang menggunakan batik dalam beberapa kesempatan ya, semoga dapat menginspirasi kita untuk terus melestarikan budaya batik.

nelson mandela mengenakan batik

nelson mandela mengenakan batik

bill gates mengenakan batik

bill gates mengenakan batik

barrack obama mengenakan batik

barrack obama mengenakan batik

zinedine yazid zidane mengenakan batik

zinedine yazid zidane mengenakan batik

Oke kali ini sekian dlu ya postingan saya mengenai baju batik yang sudah dipakai oleh beberapa tokoh dunia yang terkenal. Salam model baju batik indonesia.

best regards,
batik-pekalongan

 

 

 

 

Model Baju Batik Remaja

Batik identik dengan orang tua, dipake untuk acara formal seperti resepsi pernikahan, acara kondangan, ke kantor pas hari jumat dan sebagainya,. Bener nggak ya? Yups bener banget sih kalau kita ngeliat model baju batik pas jaman dahulu, tapi coba deh kita lihat sekarang. Model baju batik saat ini sudah sangat beragam, nggak hanya kemeja saja.

Model baju batik saat ini sangat beragam, mulai dari jaket batik, topi batik, celana batik, kaos batik, sabuk batik, sajadah batik, dan masih banyak lagi. Desain-desain yang ada juga sudah tidak kaku lagi dan sangat pas untuk remaja. Jadi mulai sekarang jangan pernah beranggapan kalau batik hanya untuk orang tua ya. Tapi baju batik untuk semua. :)

Oke, selanjutnya saya akan membahas lebih mendetail mengenai model-model batik remaja yang saat ini sangat trend dan pokoknya tetep kerenlah walaupun di pakai untuk acara-acara santai anak muda. Model-model batik yang ada saat ini bisa tetep kalian pake bwat acara gaul kayak ulang tahun temen kalian, maen ke cafe, acara reunian temen, dan acara-acara gaul kalian lain yang tentunya selalu heboh dan dihadiri anak-anak muda. Yups, langsung saja saya bahas satu-satu ya.
1. Topi Batik
Topi batik sangat bagus untuk dipakai di acara outdoor ketika siang-siang, bosen kan ngeliat topi temen kalian yang tulisan “zild**n”, nah kenapa nggak tampil beda tapi tetep keren dengan menggunakan topi batik.

model baju batik remaja

model baju batik remaja

2. Jaket Batik
jaket batik juga keren lho bwat jalan. Jangan bayangin desain jaket sekarang cuman kayak kemeja lengen panjang tapi tebel doang, tapi desainnya sudah sangat beragam lho dan warnanya juga dikombinasikan dengan warna baju baju anak muda yang cerah dan berwarna-warni.

model baju batik remaja

model baju batik remaja

3. Celana Batik
Celana batik saat ini juga keren lho modelnya, bener-bener mengikuti perkembangan zaman deh. coba aja lihat beberapa pict yang saya masukkan dari katalog produk yang saya jual ini.

model baju batik remaja

model baju batik remaja

4. Tas Batik
Nah tas batik ini menurut saya merupakan salah satu inovasi batik untuk para remaja yang pas banget deh. Desain batik yang ada bener2 cocok dan pas ketika di aplikasiin pada tas. Selain itu dengan kreativitas yang ada juga membuat tas batik yang ada mempunyai desain dan corak warna yan bener-bener pas dengan anak muda saaat ini.

model tas batik

model tas batik

Demikianlah sedikit artikel saya mengenai ragam model baju batik bagi remaja saat ini. Pokoknya jangan beranggapan kalau baju batik itu hanya untuk orang tua saja dan desainnya sudah ketinggalan zaman, itu sama sekali FITNAH !! wakakakak ….

model tas batik

Salam model baju batik indonesia
Best regards,
M. Ribkhan

Model sajadah Batik

Model batik saat ini sangat lah beragam, mulai dari baju batik, celana batik, rok batik, sarimbit, dll … banyaaak banget. Nah saat ini mulai ada hasil produksi batik lagi yang mungkin masih belum populer namun sangat prospektif, yakni sajadah batik.

Sajadah batik sebenarnya sama saja dengan sajadah2 yang lainnya, hanya saja bahan atau pola yang ada pada sajadah tersebut menggunakan pola batik. Berikut ini merupakan beberapa contoh sajadah dengan model batik yang banyak beredar.

sajadah batik

sajadah batik

sajadah batik

sajadah batik

Menarik sekali kan desain desain sajadah batik tersebut ? Desain batik tersebut membuat ragam sajadah tidak monoton seperti yang sudah ada saja, tapi membuatnya lebih bagus sehingga membuat nyaman kita yang menggunakannya.

Salam Model Baju batik Pekalongan

Best regards,
M. Ribkhan